Teknik Kimia ITATS

Selamat Datang di Teknik Kimia Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Visi dan Misi

Program studi (Prodi) Teknik Kimia ITATS didirikan pada thaun 1991, dengan SK Mendikbud No. 0376/O/1991 tanggal 22/06/1991. Prodi Teknik Kimia ITATS berada dalam lingkungan Fakultas Teknologi Industri. Pada tahun 2013, Prodi Teknik Kimia memperoleh akreditasi B dari BAN-PT dengan nomor 192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013. Prodi Teknik Kimia mencoba untuk memperbaiki diri dengan program perbaikan dan perubahan kurikulum 2013 yang telah dilakukan, serta penunjang tridarma perguruan tinggi yang lebih baik. Pada tahun 2018, Prodi Teknik Kimia ITATS mendapat kesempatan untuk menyusun borang dan evaluasi diri dan mengajukan akreditasi untuk periode berikutnya dengan harapan yang lebih baik.

 

Visi Jurusan Teknik Kimia

Menjadi jurusan yang berkualitas untuk menghasilkan karya bertaraf Nasional/Internasional serta lulusan yang inovatif dan adaptif dalam pengembangan proses, menjunjung tinggi aspek keselamatan dan berwawasan lingkungan.

 

Misi Jurusan Teknik Kimia adalah

  1. menyelenggarakan pendidikan sarjana Teknik Kimia mengacu pada kompetensi dan kurikulum inti Asosiasi Pendidikan Teknik Kimia Indonesia yang diselaraskan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  2. Menerapkan Student Centered Learning denga memberikan penekanan penguasaan penyelesaian permasalahan keteknikkimian, mengarahkan penelitian sesuai dengan perkembangan dan isu terbaru mengenai keteknikkimian untuk menghasilkan publikasi ilmiah.
  3. Mengembangkan wawasan yang berorientasi pada aspek keselamatan dan lingkungan.
  4. menjamin terselenggarannya manajemen jurusan yang profesional, menyelenggarakan kerjasama dengan institusi/ pemerintah/ industri/ masyarakat demi kemajuan institusi.

 

Tujuan Teknik Kimia ITATS:

  1. mengembangkan potensi peserta didik agar dapat menguasai ilmu di bidang keteknikkimian dan mengaplikasikannya di masyarakat, dunia kerja dan dunia usaha.
  2. meningkatkan kepercayaan industri terhadap kualitas lulusan.
  3. melatih dan mendidik mahasiswa mengembangkan penelitian yang dapat diaplikasikan di masyarakat dan menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan dalam taraf nasional maupun internasional.
  4. melaksanakan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian.