Teknik Kimia ITATS

Selamat Datang di Teknik Kimia Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Pengabdian Masyarakat

Pengabidan masyarakat

Tingkat partisipasi dan bentuk keterlibatan mahasiswa Jurusan Teknik Kimia ITATS dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat sudah sangat baik dan dapat dijelaskan sebagai berikut :

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, dosen dan mahasiswa Teknik Kimia ITATS dilakukan dalam rangka memberi manfaaat kepada masyarakat dan proses pembelajaran bermasyarakat dalam bentuk kuliah kerja nyata sesuai dengan SKEP 67/LPPM/ITATS/VIII/2015, Wujud dari kegiatan diantaranya adalah :

  1. Mahasiswa sebanyak 28 orang aktif dalam kegitan KKN PPM dengan tema “Hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungam”, di Desa Gisik Cemandi Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo pada 18 Agustus 2015 s.d. 18 September 2015.
  2. Dua puluh delapan mahasiswa aktif melakukan pelatihan dengan “Penghijauan untuk keindahan dan kesehatan“,di Desa Gisik Cemandi Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo pada 18 Agustus 2015 s.d. 18 September 2015.
  3. Tujuh belas mahasiswa Kimia melaksanakan kegiatan Workshop Pembuatan Produk Home Industri sebagai Pembuka Peluang Usaha untuk siswa SMA dan SMK se Surabaya dengan peserta 20 dari SMAN 17 pada 16 februari 2016. Para siswa sangat tertarik dengan kemampuan pembuatan ini untuk bekal dimasa depan.
  4. Dosen dan 5 mahasiswa membantu Pengerajin “Kampoeng batik Jetis” dalam meningkatkan proses produksi, pemasaran dan pengelolaan kesehatan proses. Dalam pembuatan batik proses pencelupan menggunakan pemanasan dan pengangkatan bahan rendaman yang menghailkan uap panas menandung lilin yang dapat mencemari udara di ruang produksi. Tim pelaksana melakukan penyempurnaan procedure kerja dan peningkatan kesehatan udara di lokasi produksi. Pelaksanaan kegiatan mulai bulan 3 Mei 2015 – 30 Oktober 2015 di Sidoarjo Jawa Timur.
  5. Dua belas Mahasiswa aktif terlibat dalam Pelatihan pembuatan sabun transparan. Kegiatan berada dibawah bimbingan dosen pembimbing kegiatan pengabdian yang didanai oleh LPPM. Peserta memperoleh manfaat kemampuan membuat sabun transparan yang lagi ngetren saat ini. pada 16 februari 2016 di Gedung H Kampus ITATS.
  6. Mahasiswa dan dosen aktif terlibat adalam kegiatan lahan Buah Mengkudu, buah ini dibuat berbagai makanan dan minuman kesehatan yang dibutuhkan oleh warga sekitar termasuk Surabaya. Kegiatan dilakukan di kampus ITATS pada 10 Oktober 2015.
  7. Tujuh mahasiswa aktif trlibat dalam kegiatan IbPE Barbahan Dasar Kulit di Kepanjen Malang dan Tanggulangin Sidoarjo Jawa Timur. Mahasiswa berperan dalam peningkatan kualitas produksi, peningkatan pemasaran dan penyempurnaan produk. Kegiatan dilaksanakan mulai 7 Mei 2016 hingga 30 Oktober 2016.
  8. Lima puluh enam mahasiswa dan 7 dosen aktif terlibatadalam kegiatan Perbaikan Infrastruktur Masyarakat dan perbaikan sarana kebersihan di Desa Seloliman Kecamatan Trawas, Kabupaten
  9. Tujuh Mahasiswa dan 4 dosen aktif terlibat dalam kegiatan lanjutan IbPE Barbahan Dasar Kulit di Kepanjen Malang dan Tanggulangin Sidoarjo Jawa Timur tahun 2017. Pelaksanaan kegiatan dimulai 10 mei 2017 hingga 30 Oktober 2017. Mahasiswa dan dosen bertanggungjawab penuhterhadap eberhasilan kegiatan ini.
  10. Lima mahasiswa bersama 3 dosen melakukan kegiatan IBPE untuk peningkatan ekspor berbahan kertas bekas semen dan kardus di Surabaya. Pelaksanaan kegiatan IBPE ini dimulai tanggal 10 mei 2017 hingga 30 oktober 2017. Mahasiswa dan dosen pelaksana kegiatan bertanggungjawab terhadap keberhasilan kegiatan IBPE ini.
  11. Tiga puluh enam mahasiswa dan 7 dosen aktif terlibatadalam kegiatan Perbaikan Infrastruktur Masyarakat dan perbaikan sarana kebersihan DI Desa Bangeran, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Kegiatan dialkukan selama 7 minggu mulai 23 Juni 2017-31 Juli 2017.

 

Seluruh mahasiswa yang terlibat dalam pengabdian masyarakat ini terlibat penuh dan bertanggungjawab terhadap keberhasilan semua kegiatan.