PRA PERANCANGAN PABRIK SUSU TABLET EFFERVESCENT DARI SUSU KAMBING ETAWA DENGAN METODE GRANULASI BASAH KAPASITAS 35.700 TON/TAHUN

Puguh Rumanto1, Agus Budianto2

Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri

Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

[email protected]

Susu kambing memiliki manfaat yang lebih baik bagi kesehatan tubuh manusia di bandingkan susu sapi. Susu kambing sendiri diketahui memiliki kelebihan yaitu rendah lemak, vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang mudah di manfaatkan tubuh manusia. Bahkan, tubuh manusia dapat mencerna susu kambing lebih cepat dibandingkan dengan susu sapi.

Sebagai alternatif susu bentuk sediaan pangan yang lebih ekonomis dan mudah dikonsumsi, maka pembuatan tablet effervescent merupakan salah satu cara untuk upaya hal tersebut. Pabrik susu tablet effervescent dari susu kambing etawa ini direncanakan didirikan dengan kapasitas produksi 35.700 ton/tahun. Menggunakan susu kambing etawa mentah segar, dengan menggunakan metode granulasi basah. Pabrik susu tablet effervescent ini akan didirikan di kawasan Purworejo, Jawa Tengah. Karena populasi kambing terbesar dari 33 provinsi di Indonesia terdapat di Jawa tengah yaitu sebesar 21 %.

Proses pembuatan susu tablet effervescent melaui 3 tahapan proses: (1) Tahap wet proses, sebelum terlebih dahulu Fresh Milk di uji oleh bagian Quality Assurance (QA), apabila susu lolos uji kemudian melalui proses selanjutnya menuju unit pasteurisasi (65 oC) selama 15menit. Larutan susu yang keluar dari tangki pasteurisasi memiliki suhu 85oC. (2) Tahap dry proses, susu dipompa menuju evaporator untuk dipekatkan hingga konsentrasi 55%, setelah itu diubah menjadi bubuk pada unit spray dryer. (3) Tahap pengolahan produk, susu yang telah berbentuk bubuk akan di bawa ke Tangki Blending akan ditambahkan zat aditif yaitu Asam Sitrat, Asam Tatrat, Aspartam, Sukrosa, Poly Vinil Pirolidon (PVP), dan Natrium Bikarbonat. Setelah itu, susu bubuk akan masuk ke dalamĀ  Tangki Penempa atau mesin pencetak tablet susu.

Pada analisa ekonomi, didapat nilai BEP sebesar 55,68%, nilai IRR sebesar 26% dan POP selama 2 tahun 9 bulan. Dari perhitungan analisa ekonomi tersebut, dapat disimpulkan bahwa pabrik susu tablet effervescent ini layak untuk didirikan.

Kata kunci : Tablet Effervescent, Susu Kambing Etawa, Metode Granulasi Basah